Pengalaman Periksa Tumor Payudara Jinak menggunakan BPJS

 

Hallo teman-teman!

Ini adalah blog pertama gue, mungkin diblog pertama ini bahasan gue agak menyeramkan(?) tapi gue sangat ingin sharing kekalian pengalaman berobat menggunakan BPJS ini. Gue pengen memberikan secercah petunjuk (cieilah) biar kalian gak terlalu clueless saat mau berobat pake BPJS (apalagi newbie kayak gue waktu itu).

Jadi sekitar bulan September akhir gue merasakan ada nya benjolan disebelah payudara yang kanan, untuk yang nanya kok bisa tiba-tiba ngerasain, Jadi sebelumnya gue punya temen saat kuliah yang sudah mengalami duluan semenjak itu gue jadi rajin banget untuk melakukan SADARI.



Saat gue merasakan ada nya benjolan ini sebagai orang yang lumayan panikan gue langsung menghubungi temen gue tsb dan tentunya melakukan konsul dengan dokter di halodoc. Tapi saat itu temen gue dan dokter menyarankan untuk kerumahsakitnya setelah gue menstruasi (karena saat itu beberapa hari sebelum jadwalnya gue menstruasi tuh). Jadi gue gak langsung ngecek dokter.

Kira-kira hampir sebulan sampai gue akhirnya periksa ke dokter. Kalo ditanya kenapa hampir sebulan karena gue lumayan takut kedokter takut ini gak jinak dll (dan karena pandemik juga) jadi gue tunda-tunda terus sampai suatu saat gue memberanikan diri untuk ke dokter.

Disini gue menggunakan BPJS kesehatan, sebagai newbie gue gak tau prosedur apa aja yang harus dilakukan yang gue tau cuman harus ke Faskes 1 dahulu. Senin tanggal 19 Oktober 2020 pagi gue berangkat ke Klinik Kostrad di Cilodong Depok karena itu adalah faskes 1 yang terterdaftar di BPJS, sebelum kesana gue menyiapkan kartu BPJS yang udah gue print dirumah.

Prosedur yang dilakukan :

1.     kita harus melakukan pendaftaran dengan cara menyerahkan kartu BPJS dan fotocopy ktp  (untungnya selalu nyediain ini di dompet), dan tentunya isi data.

2.     Kita akan diperiksa oleh dokter umum di Klinik tersebut.

Untuk pemeriksaannya seperti umumnya dokter tsb akan ngecek dengan meraba. Disitu dokter mendiagnosis kalo ini tumor jinak. Setelah dia mendiagnosis gue dia kasih rujukan ke rumah sakit yang terdaftar disini gue memilih rumah Sakit Aliyah Depok.

Setelah gue dapet surat rujukan dari Klinik tersebut gue lanjut lagi ke RS yang dirujuk tuh. Gue dateng kerumah sakit ini 2 hari setelah dari Klinik yaitu hari Rabu tanggal 21 Oktober 2020 dikarenakan dokter bedahnya ada jadwalnya di hari Rabu tsb. Geu dateng ke RS kalo gak salah jam 12 pagi, duajam sebelum jadwal dokternya.

Untuk Alur nya di RS :

Gue ambil nomor antrian dibantu oleh pak satpam. Gue melakukan pendaftaran dibantu oleh petugasnya. Disini gue melakukan kesalahan lagi karena gue gak tau berkas apa aja yang dibawa gue cuman bawa surat rujukan, kartu bpjs, dan fotocopy ktp, dan rupanya ini masih kurang. Jadi kalian juga harus bawa surat fotocopy rujukan, fotocopy kartu bpjs, fotocopy ktp. Karena gue gak bawa semua akhirnya gue keluar rs untuk fotocopy dulu.

Setelah pendaftaran selesai, gue diarahkan untuk naik kelantai 3 (kalo gaksalah) ini lantai isinya poli-poli gitu. Gue serahin berkas dari pendaftaran dilantai 1ke suster yang ada disitu.  Gue disuruh untuk mengecek tensi, setelah cek tensi gue disuruh menunggu dokter nya

Setelah berjam-jam dokternya belum dateng dan akhirnya di jam 3 banget akhirnya Bu dokternya dateng meriksa gue. Diagnosa dan cara pemeriksaan nya sama kayak diklinik. Dan Bu dokter menyarankan gue untuk operasi di hari selasa (kaget bgt gak sih) dan senin malem masuk rs nya.

Setelah itu dokternya menuliskan surat diagnosis dan surat rujukan untuk pengalambilan darah untuk cek lab. Disini disuruh 2 kali cek darah, di hari yang sama ini sama satu lagi disuruh cek di hari senin sebelum masuk rawat inapnya.

Disini gue langsung cek darah di Lab dilantai 1 RS, setelah nunggu hasil gue balik lagi kelantai 3 untuk nyerahin hasil lab + di brief untuk operasi di hari selasa dan apa aja yang harus dibayar. Setetelah selesai suster ngasih kertas untuk diserahkan ke Kasir dan keloket pendaftaran (ini untuk minta surat rawat inap dan daftar jadwal operasi).

Ohiya sebenernya gue agak kaget sih karena ini pertama kali gue berobar menggunakan BPJS, untuk Pendaftaran, Periksa Dokter, Rawat inap, Cek Lab semuanya tercover BPJS tapi ada beberapa yang gatercover sih contohnya Rapid Test (yang sebelum operasi) dan Tes Lab tumor yang diangkat (ini sekitar 1.000.000) . Tapi ya dihari pertama dateng bener-bener gak mengeluarkan sepersen pun. TAKJUB bgt gak tuh.

Jadi pengalaman gue menggunkan BPJS ini sangat nyaman bgt, gak ada drama antrian membludak, harus daftar dari pagi buta. Enggak sama sekali, bener-bener nyaman dan mudah loh.

Jadi buat kalian yang punya BPJS gak ada salahnya untuk berobat menggunakan BPJS karena membantu bgt juga. Heheheheheh Semoga cerita ini bisa jadi petunjuk buat kalian yang bingung mau berobat pake BPJS. Semoga kalian Sehat selalu yaaaa

 


*ps : setelah pertimbangan panjang gue gak jadi operasi di RS tersebut, gue membatalkan jadwal operasi karena gue ingin mencari second choice dengan dateng ke RS. Kanker Dharmais. Untuk cerita selanjutkan akan menyusul.

Komentar